Uang 2000 Kertas Baru

Hari ini Bank Indonesia resmi meluncurkan uang kertas pecahan 2000 rupiah. Peluncuran uang kertas pecahan baru tersebut diresmikan di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Uang kertas pecahan Rp.2000 tahun emisi 2009 tersebut barulah akan berlaku sebagai alat pembayaran yang sah esok hari yaitu pada tanggal 10 Juli 2009.

Uang baru tersebut pada bagian depannya terdapat gambar Pangeran Antasari yaitu seorang pahlawan asal tempat diresmikannya uang tersebut. Sedangkan pada bagian belakangnya terdapat gambar beberapa wanita suku Dayak yang sedang melakukan tarian adat suku mereka.

Uang kertas baru ini bewarna dominan abu-abu dengan unsur pengaman berupa tanda air bergambar Pangeran Antasari. Benang pengaman seperti hal nya uang-uang pecahan terdahulu tertanam di kertas uang dengan tulisan benang pengaman “BI2000” secara berulang-ulang dan akan memedar kemerahan jika terkena sinar matahari. Uang kertas baru ini juga dilengkapi dengan Blind Code di samping kanan bagian uang yang berupa kotak persegi panjang yang dicetak secara Intaglio (semacam teknik embossing, tapi teknologi ini sangat terbatas dan sangat dibatasi untuk mendapatkannya karena menyangkut masalah keamanan) , agar para penderita tunanetra dapat terpenuhi kebutuhannya.

Mungkin bertepatan dengan diresmikannya uang kertas lembaran baru pecahan 2000 ini, para pakar pemalsuan uang di negeri ini juga sedang mengerjakan tugas mulia mereka🙂.

2 comments so far

  1. isnuansa on

    Kalo bayar kopaja lebih gampang, selembar doang😉

    • orangstrees on

      iya bener yah… hahaha baru ngeh sekarang >.<


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: